Selasa, 02 Desember 2014

CERPEN


PENGORBANAN CINTA YANG SIA-SIA
Karya : Uli Artha Gultom

CINTA, apakah cinta itu ??  apakah cinta yang kalian rasakan saat ini adalah cinta yang sebenarnya??
Apakah cinta tak pernah membuat kalian sakit hati ??
‘’braaaaakkkk!!!” suara tabrakan yang membuat langkahku terhenti. “ aduh .. maaf , maaf, maaf, aku nda sengaja..” kata seorang laki-laki yang  terjatuh  karena menabrakku . “oh,  nda apa-apa kok. Kamu baik-baik saja kan ? Sini , sambil aku mengulurkan tangan ku. Biar aku bantu “ ucapku. “terimakasih ya..”kata perempuan itu sambil menerima uluran tanganku.
Sesaat setelah dia berdiri , perempuan itu langsung saja pergi dan berlalu begitu saja  dan mempercepat langkahnya. Aku terdiam sejenak, memikirkan apa yang baru saja terjadi . mengingat-ingat kembali sosok laki-laki tadi . ingin ku kejar, tapi …. “heeyyy!! Buruan!..”suara dari belakang memanggilku. Oh , kamu Fini, ayoo..” jawabku.
Kami pun mulai berjalan menuju kelas yang jaraknya cukup jauh dari gerbang sekolah tempat ku berdiri tadi. Ohh iya , siapa laki-laki tadi?? ‘’tanya fini  ‘’yang tadi? Iya yang tadi?” Tanya ku kembali. ‘’yahhella .. pura-pura lupa ingatan lagi, laki-laki yang nda sengaja nabrak kamu tadi. Itu siapa ? jelas Fini. ‘’ooo , laki-laki yang tadi maksud kamu ?  aku juga nda tau , ketemu aja baru tadi .’’ jawabku. ‘’ohh…  Ehh, tapi dia cantik juga ya hahahha, kira – kira namanya siapa trus kelas berapa ya ??’’ . ‘’ iya juga sih , tapi sudahlah.. nanti kalau ketemu lagi, kita kenalan.. ‘’janji ku kepada Fini. ‘’ benaran yah? Awas kamu kalau kenalan sama dia diam-diam nda ngajak-ngajak aku’’ ancam Fini .. ‘’iya deh aku janji kok , ‘’ jawabku .
Bel  pulang sekolah telah berbunyi , gerbang sekolah  ramai dipenuhi siswa-siswi  yang ingin pulang. Tapi pandanganku tak berpaling lagi setelah ku lihat seorang laki-laki yang sedang menuju keparkiran. ‘’wah , betul kata Fini . kamu memang cakep’’ batinku.  Laki-laki itu adalah laki-laki yang menabrak ku tadi pagi. Ingin ku hampiri, untuk berkenalan .. tapii, baru saja ingin ku langkahkan kaki ku , iya sudah  di salam oleh orang lain , dan orang itu adalah Fini . ‘’duh katanya kalau ingin berkenalan harus sama-sama.. kalau bgini namanya nda tepati janji, ‘’ batin ku yang sangat kesal terhadap Fini. Terpaksa berkenalan untuk Fini saat ini bukan waktu yang tepat . ‘’ujar ku dalam hati.
Sesampai di rumah , pikiran ku masih saja membayangi wajah nya , dan bertanya dalam hati . siapa sih laki-laki itu ? apa kah dia siswa pindahan atau  siswa lama yang baru saja aku lihat .. ‘’hmm siapa yah namanya’’ Tanya ku dalam hati. Aku semakin penasaran . Di kamar , ku coba-coba mengingat-ingat wajahnya .. Sungguh , dia memang cakep . kulitnya yang hitam manis , apalagi jika tersenyum, woow manisnya. Ada getaran aneh jika memikirkannya . padahal baru bertemu tadi. Perasaan apa ini? CINTA ??? tidak mungkin secepat ini muncul perasaan cinta , dan secepat itu jatuh cinta .
Hari telah berganti , seperti biasanya ke sekolah. Aku adalah salah satu siswa di SMAN 3 TARAKAN , nama ku Uli . sekarang aku duduk di kelas XII.IPA 2 , umurku sekarang 17 tahun, dan bicara tentang hobi, aku lebih senang dengan hal-hal yang menyangkut computer.
Di sekolah, suasana masih seperti biasanya, pak satpam yang menjaga gerbang sekolah, kepala sekolah yang selalu setia memerhatikan siswa-siswa yang datang terlambat , dan para guru yang sibuk mengajar sesuai dengan matpel                (mata pelajaran) .. tapi , ada satu yang beda pada pagi itu . aku heran kenapa ada panggung kecil di lapangan sekolah, disana banyak orang yang berkumpul. Suara microphone terdengar di speaker dan kemudian di iringi suara gitar dan suara seorang laki-laki..’’ wow suaranya merdu sekali ‘’ itu jelas membuat aku penasaran dan langsung ingin melihat siapa yang bernyanyi. Aku memulai langkah ku , semakin dekat dan semakin dekat .. sehingga bisa ku lihat dengan jelas siapa yang bernyanyi di atas panggung. ‘’Haaah !! itu kan laki-laki yang kemarin??’’ tanyaku di dalam hati.
Sungguh aku tak heran, dia adalah laki-laki yang keren. Selain tampan, ia bisa bermain  gitar dan memiliki suara yang merdu. ‘’gimana?? Kereen kan??”” Tanya seseorang yang ada di samping ku. Tanpa menoleh , aku spontan menjawab ,   ‘’wooww, ini keren banggettt !! ‘’  ‘’Loe suka ?? ‘’ Tanya suara orang itu lagi yang ada di sampingku.  Kali ini aku menoleh dan merespon. ‘’iya gue suka banget’’ jawab gue.. ‘’eeh ternyata elo Fin’’  ngapain kamu Tanya-tanya begitu ?? ‘’. ‘’ begini nah, semua ini saran gue ke Gerry, supaya orang-orang tertarik masuk ekskul musik’’ jelas Fini.
‘’oooohh gitu’’ jawabku kesal. ‘’Gerry.. nama yang keren , keren seperti orangnya’’ puji ku dalam hati.

Tiba-tiba ada suara dari belakang yang hendak menghampiri kami ‘’Fini, trimakasih yah atas saran nya ?? semoga saja , setelah ini banyak siswa yang berminat ikut ekskul musik’’. ‘’hahahha iya ger, sama-sama’’ jawab Fini. Sambil menatap dan menunjuk ku, Gerry berkata ‘’ eeehhgg .. kamu, yang waktu itu kan ? yang kemaren tak sengaja aku menabrakmu. Aduh maaf yah, aku benar-benar tidak sengaja. Soalnya kemarin terburu-buru’’  . ‘’heheh iya , tidak apa-apa kok’’ jawab ku dengan rasa grogi. ‘’ oh iya kenalin nama ku Gerry..’’ kata Gerry spontan sambil mengulurkan tangannya. ‘’ aku Novi, aku sudah tau kok namamu , dari Fini..” respon ku sambil membalas uluran tangan Gerry. ‘’ hehe.. kalian berdua sahabatan yah??’ atau lebih dari sahabat ??’’ Tanya erna , sambil bercanda.. belum sempat aku menjawab Fini langsung menjawab pertanyaan Gerry . ‘’ hahah benar banget , kami berdua sering tidur bareng’’ . ‘’ wahh keren sahabat yang akrab sekali. Heheh ‘’ kata Gerry. ‘’.     ‘’iya kami memang sahabat dari SD makanya kami slalu akrab’’ jawab ku. ‘’oalah , iya toh pantesan akrab banget, oh iya aku dluan yah ? kayaknya banyak yang minat tuh . daaahhh…?? Kata Gerry sambil meninggalkan Fini dan Novi.
‘’sungguh , Gerry memang cakep dan manis.. dia beda dari yang lainnya, tak ada yang seperti dia di sekolah.. humoris, asik , lucu, baik , murah senyum.. laki-laki idaman para wanita.. hmm mungkin aku tlah jatuh cinta kepadanya.’’

Sudah seminggu setelah berkenalan dengan Gerry. Karena kami satu angkatan , kami selau berbagi dan sharing tentang pelajaran sekolah kami tentu tak ku sia-siakan kesempatan ini. Hmm ini adalah waktu yang tepat untuk mengenal Gerry lebih jauh. Siapa tau aja aku bisa menjadi kekasihnya , ucap ku dalam hati yang berharap banget .

‘’ Nov, loe suka yah sama Geryy?? ‘’ Tanya Fini di sela-sela jam pelajaran. ‘’ suka!!” ngak lah .. terlalu cepat buat gue jatuh cinta sama dia , apa lagi buat dia tertarik dan suka sama gue’’ jawab ku . ‘’ serius loe gak suka sama Gerry’’ Tanya Fini lagi . ‘’ iya gue serius , gue gak suka sama Gerry.
Rasa ini tak akan aku beru tahu kepada siapapun kecuali Gerry juga mempunyai rasa yang sama terhadap gue. Sedangkan yang ku lihat selama ini Gerry tidak ada memberikan aku signal-signal untuk menyukai ku .
Untuk yang kesekian kalinya , aku dan Gerry bertemu lagi di jam istirahat sekolah dan biasanya kami ke kantin untuk makan soto . kami sedikit mulai akrab , sehingga Gerry juga sering bercanda dan tertawa .  di tengah percakapan kami , Gerry mulai bertanya tentang urusan pibadi ku .
‘’eh Novi. Kamu kok ngomong nya sama aku aja ? aku nda pernah lihat kamu ngomong atau istirahat dengan cowo lain?? Pacar kamu mana ?’’ sungguh, pertanyaan Gerry yang satu ini membuat ku semakin berharap , ini membuat ku sangat senang , siapa tau saja dia ingin menembak ku .. ‘’ hhmm .. ngak kok , aku juga biasa ngobrol dengan yang lainnya . tapi tidak ada yang seasik kamu. Hehe..’’ jawab ku dengan sedikit memuji. ‘’ bisa aja kamu Nov”

Ku mulai langkah awalku , aku akan bercerita kepada Fini dan meminta sarannya …

Baru ku mulai mencari Fini di kelas , tapi Fini tidak ada lalu aku kemudian pergi mencari Fini di sekeliling sekolah .. tiba-tiba Fini datang dengan gembira dan wajah yang sangat ceria. ‘’ Nov , gue pnya kabar gembira ‘’ ucap Fini .. ‘’eiittttss gue juga punya kali..’’ ucap ku juga dengan senang. Aku dluan cerita yah ?’’ ‘’ alah gue dulu pokoknya loe harus dengar cerita gue’’ kata Fini . ‘’yaudah terserah loe dulu yang cerita ‘’ ucap Novi . ‘’ Dan kabar baiknya adalah Gue barusan di tembak Gerry !! gue gak nyangka yah ternyata keinginan gue selama ini buat jadi pacarnya terwujud juga’. Oh iya tadi Gerry so sweet banget nembak gue di taman’’ wahh keren banget !! selamat yah kalian sudah jadian semoga hubungan kalian langgeng’’ kata Novi……………
‘’oh iya loe tadi mau cerita apa , nah gantian gue udah slesai ceritanya dan sekarang giliran loe . cepatan ceritanta habis ini gue traktir di kantin ‘’ ucap Fini yang sangat senang. ‘’ gag jadi Fin , jam ekskul udah slesai . gue ke kelas dluan yah ?’’ alasanku ke Fini , ‘’ yah gag asik loe Nov, trus traktirannya?’’ Tanya Fini lagi. ‘’ kapan-kapan aja yah ? gue dluan . daahhh?’’ jawabku dan berlalu meningkalkan Fini dengan perasaan yang sangat hancur dan sangat kecewa.

Sungguh, ini mungkin egois dan tak adil . tapi sangat sedih rasanya jika mengingat kembali pengakuan dari Fini. Aku suka Gerry , dan Fini telah menjadi pacarnya.. apa yang harus kulakukan saat ini ?? mengatakan perasaan ku kepada Gerry ?? ini sangat tidak mungkin.. karena Gerr telah menjadi milik orang lain.

Sesampai di rumah , yang kulakukan hanyalah pasrah dengan semua kenyataan ini . aku tau ini semua memang sakit . aku pasrah cinta yang selama ini aku nanti-nanti telah pergi begitu saja dan meningkalkan sakit hati. Andai saja aku berkata jujur kepada Fini tentang perasaan ku kepada Gerry yang sebenarnya , mungkin saja ini semua tidak akan terjadi .
Kini hari-hari ku , hanya bisa melihat Fini dan Gerry yang selalu berdua kemana pun mereka pergi.. sakit memang jika aku melihatnya , tapi aku akan tetap tegar dan bertahan  dengan semua kenyataan.

Gerry , tak apa jika memang bukan kau yang menjadi milikku.. taka apa jika bukan aku yang menemani hari-hari mu .. dan taka pa pula jika bukan aku yang selalu membuat mu tersenyum ..
Aku rela tidak menjadi milik mu , asal kau bahagia dengan Fini sahabat ku .
Karena melihat mu tersenyum saja , itu sudah cukup membuat ku bahagia ..
Semoga kelak hubungan kalian langgeng sampai ke pernikahan nanti ..



                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar